Seni Beladiri Pencak Silat Tapak Suci


Tapak Suci adalah beladiri asli dari Indonesia yang dibawa langsung oleh K.H. Ahmad Dahlan dan dikembangkan di Kota Jogjakarta hingga menghasilkan pelatih yang mampu menyebarkannya ke seluruh Nusantara.
Setelah ditetapkan berdiri pada malam Jum’at Tanggal 10 Rabiulawwal 1383 H, atau bertepatan dengan 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta dideklarasikan berdirinya persatuan pencak silat Tapak Suci yang digariskan bahwa: (1) Tapak Suci berjiwa ajaran K.H Ahmad Dahlan; (2) Keilmuan Tapak Suci Metodis Dinamis; (3) Keilmuan Tapak Suci bersih dari syirik.


Salah satu ciri dari sekolah Muhammadiyah adalah adanya perguruan Pencak Silat Tapak Suci ini. Maka dari itu kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan adalah kegiatan ekstra kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh siswa. Dalam Pelaksanaannya, kegiatan latihan dilakukan dua minggu sekali.
(Siswa SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan, Ahyar, mengikuti pertandingan Pencak Silat se-Kota Balikpapan tahun 2017)


Diharapakan dengan adanya kegiatan tersebut, SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan dapat menjadi pelopor lahirnya penerus perjuangan KH. Ahmad Dahlan melalui beladiri Tapak Suci.

Tapak Suci Cabang SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan adalah wadah tepat yang mengorganisir kegiatan ekskul wajib ini. Sehingga tujuan untuk membina jasmani dan rohani, melatih dasar-dasar bela diri yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan syariat islam dapat terwujud. Selain itu juga kegiatan ini memacu kemampuan fisik dan mental para anggotanya berdasar nilai-nilai dakwah Muhammadiyah. (KZO)
Previous
Next Post »