Flash

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Daftar Online

Cara Kreatif IPM SMAMUTU Bantu Korban Musibah Kebakaran Gunung Polisi

SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan

Pada hari Rabu 15 Desember 2021, tepat dihari terakhir siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan menyelesaikan ujian semester, terjadi musibah kebakaran yang menghanguskan 75 rumah warga jalan Arjuna Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

PR IPM dan Manajemen SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan berbela sungkawa yang terdalam bagi korban musibah tersebut, semoga para korban tetap tabah dan selalu diberi hidayah serta perlindungan dari Allah SWT.

Dalam rangka RTL pasca TM1 bulan lalu, IPM SMAMUTU menggelar aksi solidaritas membantu korban kebakaran tersebut dengan cara penggalangan dana, survei kebutuhan urgen, dan pemberian paket bantuan eksklusif. 

Siswa-siswi mulai melakukan konsolidasi setelah remedial ujian semester hari Jumat 17 Desember 2021. Pengumpulan donasi di internal sekolah dan mengukur kekuatan sekaligus menerapkan Standar Operasional saat terjadi bencana diluar lingkungan sekolah.

Dilanjutkan persiapan aksi penggalangan dana dititik-titik ramai seperti persimpangan jalan dan pasar, yang berada tidak jauh dari lokasi Sekolah. Aksi tersebut berjalan lancar hingga pukul 17.15 disambut hujan deras, dan seluruh tim berteduh di Masjid Tarbiyah.

Dihari Sabtu penggalangan dana terhenti karena ada penutupan jalan. Namun berlanjut esok hari Ahad dengan strategi berbeda, selain penggalangan dana dipersimpangan jalan, sebagian tim juga mendatangi setiap rumah dan toko yang ada disekitar sekolah.

Selanjutnya tidak seperti relawan lain, PR IPM SMAMUTU akan mendistribusikan donasi tersebut dengan cara-cara yang tepat sasaran, tidak mubazir dan bermanfaat maksimal sesuai dengan analisa dilapangan.

Oleh karena itu, siswa dan pembina turun langsung kelokasi musibah, melakukan survei kebutuhan paling urgen para korban, mendata dengan rapi, lalu mengolahnya menjadi paket bantuan dari hasil donasi aksi penggalang dana.

Dari analisa dilapangan, kebutuhan seperti sembako, beras, pakaian, makanan siap saji, kasur, bantal, dan air minum ternyata sudah berlimpah ditenda posko dan tenda pengungsian. Dan dari hasil survei para siswa yang kontak langsung dengan para korban, kebutuhan sandang pangan bayi dan anak-anak, seragam serta alat tulis sekolah, maupun pakaian dalam ternyata belum ada yang menyumbangkan.

Dengan hasil survei tersebut, para siswa bergerak cepat menyiapkan kebutuhannya diberbagai toko dan swalayan termurah, lalu mengantarkannya langsung ke pengungsi korban kebakaran gunung polisi.

Semoga ikhtiar para relawan siswa-siswi PR Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan tersebut, dapat meringankan beban para korban, sekaligus memberikan pengalaman luar biasa bagi siswa-siswi kami.

Tidak lupa kami ucapkan Terima Kasih kepada warga Balikpapan yang berdonasi bersama kami, warga Gunung Guntur dan Gunung Kawi yang ikut menyumbang, serta para guru maupun warga persyarikatan yang mempercayakan donasinya pada kami. Semoga seluruh kepercayaan bapak ibu dan saudara saudari dibalas limpahan pahala dan keberkahan berlipat ganda dari Allah SWT, amin ya robbal'alami...