Flash

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Daftar Online

PKTM 1 Tetap Kreatif Dimasa Pandemi

 


IPM adalah gerakan pelajar kreatif yang selalu berinovasi dalam menyelesaikan masalah kekinian, termasuk mengadakan Pelatihan Kaderisasi Taruna Melati 1 (PKTM1) dimasa pandemi Covid-19 dengan sistem hibrid new normal.

Optimis melakukan hal baru yang tidak biasa, perencanaan matang dan fleksibel, serta dukungan dari berbagai pihak dalam bentuk donasi serta bantuan lainnya, menghasilkan lulusan-lulusan TM1 yang sukses mengikuti materi pelatihan dari awal hingga akhir.

Pada tanggal 23 November 2021 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan sukses menggelar PKTM1 versi Hibrid New Normal selama 4 hari. Kegiatan tersebut menyeimbangkan pola PKTM1 tatap muka maupun daring online, agar menghasilkan pola kegiatan yang maksimal dimasa kebiasaan baru.

Termasuk masalah keamanan, para peserta diwajibkan melakukan vaksinasi lengkap dua kali, dalam kondisi sehat tanpa gangguan kesehatan, dan wajib mendapatkan izin tertulis dari orangtua peserta.

Selain itu peserta tidak diinapkan ditempat acara seperti pada kegiatan PKTM dimasa normal. Peserta wajib pulang kerumah tepat pukul 17.00 dan melakukan bersih diri dirumah masing-masing.

Pemateri dipilah dari alumni IPM yang memiliki usia yang paling dekat dengan usia peserta agar memiliki zaman yang sama dan pola pikir yang tidak jauh berbeda. Pemateri juga wajib memiliki kualitas dan kapabilitas tinggi sesuai materinya, seperti dalam materi Ke-Islam-an disampaikan langsung oleh imam masjid Ahmad Dahlan Wika sekaligus Alumnus Ponpes Gontor ustadz Khusairi Achmad, S.Ag.,Lc

Materi Ke-Muhammadiyah-an disampaikan secara online oleh imam masjid Tarbiyah Balikpapan sekaligus aktivis hukum Islam Dr. Isman Saleh, S.Hi., M.H.

Sedangkan materi Metodologis dan Kreativitas serta Entreprenuership dijabarkan langsung oleh Direktur Utama PT. Lubna yang juga aktif didalam organisasi kepemudaan lintas kota, yaitu saudara Rahmat Tulung, A.Md.Farm.,S.IP.,M.M

Para peserta juga ikut mendalami Psikologi Remaja, belajar bagaimana menjadi remaja dan pelajar yang selalu berkegiatan positif ditengah pandemi, dan menghindari pola-pola hidup negatif yang sangat marak disekitar mereka. Diasuh langsung oleh psikolog sekaligus aktivis perempuan saudari Maya Fitria Rindhany, S.Psi.

Tidak lupa pengenalan organisasi IPM disampaikan langsung oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Balikpapan sekaligus Alumni IPM, IMM, dan aktivis pendidikan kota Balikpapan saudara (Cand.) Dr. Sahrul Akbar, S.Pd.,M.M.

Semoga pola baru PKTM tersebut dapat memberikan para peserta ilmu dan pengetahuan serta motivasi tinggi untuk menjadi pelajar kreatif dan sukses dunia akhirat. Aamiin.

PKTM adalah ajang tahunan khusus untuk siswa Muhammadiyah belajar lebih luas lagi tentang dunia luar yang tidak diajarkan didalam kurikulum sekolah. Sehingga mereka mampu mengejar prestasi disekolah sekaligus kreatif dan aktif berkontribusi bagi lingkungannya secara positif.

Posting Komentar

0 Komentar